top of page

25 Ucapan Selamat Menikah Yang Islami Dan Menyentuh Hati


ucapan selamat menikah

Kita semua tahu bahwa pernikahan merupakan momen sakral yang menyatukan dua insan. Dalam fase kehidupan seseorang, momen pernikahan tersebut menjadi hari yang paling membahagiakan. Bagi agama Islam, pernikahan itu sendiri dikatakan sebagai ibadah terpanjang, dan orang-orang yang telah melangsungkannya berarti ia telah menyempurnakan separuh dari agamanya.


Itu sebabnya, ketika seseorang baru menikah tidak sedikit yang memberikannya doa dan ucapan selamat. Mengingat hal tersebut menjadi pintu gerbang bagi kedua mempelai untuk memasuki fase kehidupan baru. Doa tersebut ditujukan agar keduanya mendapatkan keberkahan dalam menjalani dan membangun rumah tangganya. Sementara ucapan selamat menjadi ungkapan turut berbahagia untuk pasangan pengantin baru.


Sejak dulu, Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan umat-Nya ketika hendak memberikan doa kepada orang yang baru saja menikah, doa tersebut berbunyi:

“Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jama‘a bainakumâ fî khairin.”
Artinya: “Semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.”

Baca artikel terkait:

Adapun ucapan selamat menikah secara Islami, kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat yang memiliki nuansa Islami maupun menggunakan bahasa Arab. Agar mempermudah kamu untuk memberikan ucapan tersebut, berikut adalah beberapa di antaranya:


Kumpulan ucapan selamat menikah Islami yang menyentuh hati


“Alhamdulillah! Selamat! Saat kalian bersatu dalam pernikahan, saya berharap kalian dipenuhi kebahagiaan, cinta, dan kegembiraan! Semoga Allah merahmati kalian!”


“Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan.”


“Semoga Allah SWT selalu menguatkan ikatan pernikahan kalian dan diberkahi dengan iman didalamnya.”


“Barakallahu lakuma wa baraka a’laikuma wa jama’a bainakuma fii khoiiir.” (Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu serta keberkahan atasmu dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan).


“Ya Allah, karuniakan mereka dengan kebahagiaan dan kegembiraan yang tak terhitung. Mereka saling mencintai dan menghargai satu sama lain selamanya.”


“Selamat menikah. Semoga Allah memberimu kebahagiaan dan kegembiraan, dan kebahagiaan itu tetap ada hingga akhir hayat.”


“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan ayat 74)


“Alhamdulillah! Kalian terlihat sangat bahagia di pernikahan ini. Kebahagiaan ini adalah indikasi cinta dan berkah Allah! Semoga awal kehidupan baru kalian berdua dipenuhi kebahagiaan.”


“Allah menciptakan jiwa pada awalnya dan kemudian dia membaginya menjadi dua. Sehingga dia bisa menyatu kembali bersama mereka dalam pernikahan! Kalian berdua saling melengkapi!”


“Ya Allah! Engkau Maha Penyayang, berikan pasangan yang penuh kasih ini kemampuan untuk tetap bersama! Semoga kalian mendapatkan kehidupan suami istri yang paling bahagia. Semoga Allah merahmati kalian berdua!”


“Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua.”


“Semoga pernikahan ini bertahan selama-lamanya dan membawa kegembiraan tanpa akhir bagi semua orang yang dekat dengan jiwa-jiwa yang indah ini. Semoga Allah menghujani kalian berdua dengan kedamaian dan kebahagiaan abadi!”


“Tanpa kepercayaan, tidak akan ada cinta! Jadi, tetap jaga percaya satu sama lain agar selalu mendapatkan kebahagiaan hidup. Silahkan mengikuti jalan Al Qur’an. Doa kami selalu menyertaimu.”


“Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah.”


“Tidak ada pasangan yang sesempurna kalian berdua. Selamat atas pernikahan kalian. Allah menciptakan kalian untuk satu sama lain.”


“Masya Allah, kalian pasangan sempurna yang pernah saya lihat! Kalian berdua seperti belahan jiwa satu sama lain dan bersama-sama kalian begitu kuat sehingga tidak ada yang bisa mengalahkan. Ya Allah, jaga mereka dalam karunia-Mu!”


“Semoga Allah memperkuat ikatan yang menyatukan hati Anda dan merahmati dua hati dengan iman dan cinta satu sama lain! Selamat menikah!”


“Semoga keluarga barumu ini bisa berbahagia dan selalu bersama hingga ke jannah, serta menjalankan syariat Al Quran dan hadis.”


“Mulanya Allah SWT menciptakan satu jiwa dan membelahnya menjadi dua. Kemudan Ia menyatukan kembali dalam ikatan suci pernikahan.”


“Selamat menikah! Semoga Anda mendapatkan awal yang luar biasa untuk hidup yang indah bersama. Semoga Allah mengaruniakan jalan hidup yang benar kepada kalian.”


“Semoga Allah SWT humpunkan kalian berdua pada kebaikan.”


“Segala rahmat bagi Allah karena dia mendekatkan dua hati yang murni satu sama lain dan mengikatnya dalam ikatan pernikahan yang suci. Semoga rahmat-Nya selalu menyertai Anda!”


“Alhamdulillah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga selalu dilimpahi keberkahan, kebaikan, dan cinta. Jazakallahu khairan katsiran.”


“Selamat atas pernikahanmu, semoga kamu bisa menjadi imam yang baik dan mampu menuntun keluargamu menuju surga Allah SWT.”


“Doa-doaku selalu bersamamu. Semoga Allah melimpahkan keberkahannya pada dirimu dan istrimu.”





Tips Menulis Ucapan Selamat Menikah


Memberikan ucapan selamat menikah memang sangatlah penting, karena hal tersebut merupakan bentuk ungkapan kebahagiaan dan kepedulian kita pada pasangan pengantin. Bahkan, ucapan selamat juga bisa menjadi suatu bentuk doa, dukungan dan penghargaan bagi pengantin. Itu sebabnya, kamu perlu menyampaikan ucapan selamat tersebut dengan benar-benar dan penuh ketulusan.


Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat menulis ucapan selamat menikah:


1. Ucapkan dalam bahasa yang sopan dan mudah dimengerti

Dalam memberikan ucapan selamat menikah, sebaiknya gunakan bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami dan terkesan sopan.


2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Ucapan selamat menikah juga sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena terkesan lebih menyentuh hati.


3. Sederhana dan tulus

Gunakanlah kata-kata yang sederhana, namun tulus dan menyentuh ketika memberikan ucapan selamat menikah. Dengan demikian, ucapan tersebut akan menyampaikan kebahagiaan dan doa yang tulus kepada pasangan yang baru menikah.


4. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi

Ucapan selamat menikah sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi pasangan yang menikah. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak pantas atau tidak sesuai dengan kondisi yang ada.


5. Singkat dan padat

Ucapan selamat menikah juga sebaiknya singkat dan padat, namun tetap menyampaikan makna yang menyentuh hati. Jangan terlalu panjang dan rumit karena cenderung sulit untuk dipahami.


6. Sertakan bersama hadiah

Tidak ketinggalan, ucapan pernikahan juga bisa kamu sertakan bersamaan dengan hadiah yang hendak diberikan sebagai tanda kasih sayang.


Baca artikel terkait:

Demikian beberapa inspirasi ucapan menikah secara Islam serta tips menuliskannya yang bisa kamu ikuti. Penting untuk diingat bahwa, ucapan selamat menikah merupakan ungkapan kebahagiaan dan doa yang diberikan kepada pasangan yang baru saja menikah.


Itu sebabnya, dalam menulis ucapan selamat menikah, sebaiknya gunakanlah kata-kata yang sederhana, tulus, dan menyentuh hati. Pastikan kamu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, singkat, jelas dan padat agar lebih mudah dipahami. Terakhir, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pasangan pengantin baru tersebut.


Untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan dan masih bingung dalam menentukan venue atau vendor pernikahan, tidak ada salahnya kamu menggunakan  all-in-package dari Yes I Do. Ya, paket pernikahan dari Yes I Do ini dijamin harganya sangat bersahabat dan menguntungkan.


Kamu bisa memilih wedding venue milik Yes I Do, kemudia menggunakan all-in-package yang jumlah tamunya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. All-in-package dari Yes I Do ini sudah termasuk gedung, catering, wedding planner & organizer, dekorasi, MUA, wardrobe dan entertainment. Dijamin lengkap, terjangkau dan anti-ribet pokoknya.


Jadi, tidak perlu ragu lagi, langsung saja hubungi tim Yes I Do di sini untuk berkonsultasi secara gratis mengenai rencana pernikahanmu. Tim Yes I Do akan siap membantumu dan pasangan untuk mewujudkan pernikahan impianmu dengan budget yang sangat bersahabat!


Komentar


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page